Rumus Praktis Rutin Tidur Sebelum Jam 10 Malam. Tidur Pulas dalam 10 Detik!

tips-tidur-cepat tips-tidur-cepat

KaPerdebatan, semakin kita bertumbuh dewasa, segala sesuatu bisa diteloreransi, termasuk urusan jam tidur. Demi menonton drama Korea secara maraton atau mengerjakan tugas kuliah maupun sekolah yang sebelumnya sengaja ditunda-tunda, misalnya. Ketika memasuki dunia orang dewasa sebagai pekerja pun, membiasakan batang tubuh tidur sebelum jam 10 malam jadi hal yang susahnya minta ampun.

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu tidur sebelum jam 10 malam?

Rasanya tuh, seperti ada adi dasar yang melangsungkan kita mengulur-ulur waktu tidur. Padahal, kita sadar bahwa kebiasaan begadang, apalagi sampai dini hari, bisa menadakan bahaya kesegaran yang serius. Mulai dari mamelenceng jantung, kekebalan tubuh, sampai kecemasan. Meski udah ingat risiko nih, menyiahnnya menghentikan kebiasaan buruk ini, kita malah sering kali bikin pemakluman. Duh, bebal sekali~

Buruknya kebiasaan tidur nyaPerbahasan nggak cuma dialami satu atau dua orang aja. Banyak orang di usia 20 awal atau 20 akhir yang mengeluhkan maRompeng yang serupa. Saking berantakannya siklus tidur dan kesulitan mengatasinya, mereka sampai memasukkan kebiasaan tidur sebelum jam 10 malam ke dalam daftar impian yang ingin segera diwujudkan.

Dengan dorongan bahwa setiap orang berhak merasakan tidur yang cukup dan nyenyak, Kawan. Premium telah merangkum caranya nih. Sssttt… ada bonus bedtime routine yang bisa diunduh untuk membantumu menjaga kebiasaan tidur tepat era. Yuk, mulai kebiasaan suka membantu dari diri sendiri!

1. Hindari konsumsi kafein maksimal 4 jam sebelum tidur. Yuk, kurang-kurangin teh dan kopi~

Minuman berkafein seperti teh dan kopi kerap jadi andalan kala kantuk ada atau produktivitas menurun di siang hari. Efektif sih, tapi cara ini justru menyebabkan makeliru tidur di malam hari. Pasalnya, kafein ibarat stimulan yang merangsang kita tetap terjaga dan menggangu pola tidur yang udah terbentuk selama ini.

Mengutip Medical News Today, ada saling menolongnya hindari minuman berkafein maksimal 4 jam menjelang tidur atau kalau bisa hindari kembar sekali. Gantikan dengan asupan makanan atau minuman yang membantu tidur lebih lelap, seperti minum susu atau makan buah pisang. Dengan menerapkan cara ini, kamu bisa membiasakan tidur sebelum jam 10 malam dengan cukup mudah.

2. Say yes untuk rutin olahraga tiap hari, say no untuk begadang terus-menerus~

Tahu nggak kalau siklus tidur dipengaruhi juga oleh olahraga? Ini sibakn mengada-ada, tapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang rutin olahraga setiap hari ternyata lebih mudah untuk tertidur di malam hari. Selain bugar secara jasmani, kita juga bisa merasa rileks dan tenang selepas olahraga. Wah, dampak positifnya berlipat ganda!

Satu hal yang perlu kamu ingat, jangan berolahraga menakrabi waktu tidur! Ambil jarak waktu yang cukup berjarak sehingga kamu memberi waktu untuk orangmu senorang bersantai.

3. Pertahankan jadwal tidur, lakukan secara konsisten

Cobalah menciptakan jadwal tidur yang teratur. Mulai dengan tidur di giliran yang sebanding sebelum jam 10, contohnya. Kemudian, bangun pula di giliran tertentu. Lakukan kebiasaan ini setiap hari, bahkan di akhir pekan. Mengatur dan mengikuti jadwal tidur secara konsisten membantu seseorang tidur dan bangun tepat giliran.  Selain itu, mempertahankan jadwal tidur juga dapat menyelaraskan giliran tidur dengan ritme alami tubuh. Dengan kata lain, kualitas tidurmu makin tinggi.

4. Lakukan 5 rutinitas absolut ini untuk membantumu tidur sebelum jam 10 malam

Mempertahankan jadwal tidur secara konsisten juga membutuhkan usaha. Salah satunya dengan melakukan rutinitas-rutinitas Akurat menjelang tidur. Beberapa aktivitas santai dan menyenangkan ini bisa kamu coba:


Dapatkan free access untuk pengguna baru!

Pilih aktivitas yang paling cocok denganmu. Kuncinya, lakukan aktivitas ini dengan teratur setiap malam. Luangkan era sekitar 30 menit menjelang pukul 22.00 WIB. Jadi, era tidurmu nggak terpotong aktivitas tersebut.

5. Ciptakan suasana kamar senyaman dan setenang mungkin

Kondisi kamar juga mempengaruhi durasi tidur, lo. Agar bisa tidur tepat sebelum jam 10 malam, atur kamarmu senyaman mungkin dengan menjaga cahaya kamar tidak terlampau jelas. Buat kamar tetap tenang, bening, dan sejuk supaya tidur makin nyenyak karena suara bising nggak cuma menggangu tidur, tapi juga meningkatkan stres. Jika lingkunganmu nggak cukup kondusif untuk tidur, gunakan perangkat atau aplikasi white noise untuk meredam kebisingan tersebut, ya.

6. Matikan gawai 30 menit sebelum tidur. Yuk, sudahi scrolling media sosial~

Paparan cahaya terang biru dari perangkat teknologi terbukti mengganggu hormon tidur sehingga seseorang jadi sulit untuk tidur lebih awal. Jauhkan diri dari gawai seperti smartphone, tablet, komputer, dan TV yang memancarkan jenis cahaya berenergi adiluhung (cahaya biru). Setidaknya, soakkan perangkat-perangkat tersebut 30 menit menjelang tidur. Jauhkan pula jangkauannya.

Di siang hari, paparan cahaya biru memang dibutuhkan untuk membantu kita tetap waspada. Namun, paparan cahaya biru di malam hari justru berdampak negatif bagi tubuh manusia. Selalu jaga diri, ya, SoHip~

7. Lakukan metode unik ini agar lekas tidur dalam hitungan 10 detik

Kok aku tetap susah tidur sebelum jam 10 malam, padahal udah menerapkan cara nomor 1 sampai 6?

Sepertinya, kamu perlu mengaplikasikan cara unik satu ini. Metode ini ditemukan oleh Sharon Ackerman dan umumnya digunakan dalam dunia militer. Dengan menerapkannya, kamu bisa tidur dalam giliran 10 detik. Ini dia caranya, dikutip dari Healthline:

8. Catat rutinitasmu menjelang tidur dengan bedtime routine chart. Inilah cara ‘memaksa’ diri agar tetap konsisten

Meski udah melakukan semua cara agar tidur sebelum jam 10 malam, terkadang kita masih kesulitan menjaga konsistensi. Malam ini, kita mungkin tepat sasaran melakukannya, tapi kita mulai celika di malam-malam selanjutnya. Untuk menghindari hal ini terjadi, nggak ada melencengnya untuk menggunakan bnatuan bedtime routine chart. Dengan chart ini, kita bisa mengatur jadwal  sesuka membantu mungkin dan mendorong pribadi senpribadi untuk mematuhinya.

Ada penuh bedtime rountine chart yang bisa dipakai. Bentuknya pun variatif dan menarik. Secara visual, chart ini melontarkan kita makin semangat untuk mengikuti rutinitas menjelang tidur yang telah dibuat. Fren. Premium udah menyedikan chart yang bisa diunduh gratis di bawah ini.

Weekly Bedtime Routine Chart.

Itu dia 8 rumus membiasakan badan tidur sebelum jam 10 malam ala Coy.. Setelah ini, semoga impianmu untuk tidur tepat waktu terwujud, ya. Semoga nggak ada lagi makhilaf tidur yang bikin kamu kehilangan energi di pagi hari.