Inilah Ragam Kesalahan Mengecas HP Yang Wajib Dihindari

gambar tersebut menjelaskan tentang penyebab kesalahan mengecas hp gambar tersebut menjelaskan tentang penyebab kesalahan mengecas hp

Inilah Ragam Kesalahan Mengecas HP Yang Wajib Dihindari

Tercatat, ada beberapa jenis kesalahan mengecas HP yang wajib untuk dihindari. Ya, masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara mengecas HP dengan benar. Pasalnya, kesalahan saat melakukan pengisian daya batera HP ini bisa menyebabkan kerusakan fatal.

Salah satunya yakni mati total. Artinya, smartphone milik pribadi tidak dapat berfungsi karena kesalahan prosedur saat melakukan pengisian ulang daya baterai. Tentu saja, kerusakan tersebut membuat Anda merugi.

Pasalnya, pengguna butuh biaya perbaikan untuk kembali menggunakan smartphone yang mengalami kerusakan saat pengisian ulang daya baterai. Untuk itu, pelajari bagaimana cara menghindari kesalahan saat mengisi ulang daya baterai smartphone pribadi.

Sehingga, smartphone tetap awet dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dan tentunya, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya servis. Sebab, smartphone milik pribadi tidak mengalami kendala saat melakukan pengecasan.

Daftar Kesalahan Mengecas HP yang dapat Menyebabkan Kerusakan Fatal

Memang, ada berbagai kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik ponsel saat melakukan pengisian ulang daya baterai. Bahkan, kesalahan-kesalahan tersebut kerap dilakukan secara berulang kali.

Akibatnya, smartphone pribadi bisa saja mengalami berbagai hal. Salah satunya adalah penurunan performa hingga menyebabkan smartphone mengalami mati total (matot). Maka dari itu, ini dia ragam kesalahan mengecas HP yang dapat menimbulkan kerusakan permanen. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Mencharge Saat Kondisi Baterai HP 0%

Kesalahan pertama yakni melakukan pengisian ulang baterai saat kondisi smartphone di kisaran 0%. Hal ini tentu saja tidak diperbolehkan. Sebab, kesalahan tersebut dapat memperpendek “usia” baterai.

Akibatnya, ponsel milik pribadi kerap mengalami lowbatt karena adanya masalah di bagian baterai. Ada baiknya bagi pengguna untuk segera mengisi ulang daya baterai dibawah 20%

2. Menggunakan Charger Palsu

Kesalahan kedua adalah menggunakan perangkat pengisian daya bukan dari pabrikan atau palsu. Tentu saja kesalahan ini dapat berakibat fatal. Salah satunya membuat ponsel cepat panas.

Jika dibiarkan secara terus menerus, maka piranti baterai smartphone yang akan mengalami kerusakan. Dan Anda harus mengganti baterai jika mengalami kerusakan permanen.

3. Tetap Mengoperasikan Ponsel Meskipun Sedang Dicharge

Kesalahan mengecas HP yang ketiga adalah tetap menggunakan dalam posisi dicharge. Hal ini tentu saja sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, ponsel milik pribadi bisa saja meledak ketika dicharge sembari digunakan.

Jadi, pengguna disarankan untuk menonaktifkan smartphone ketika sedang diisi ulang. Hal ini bertujuan agar pengguna tetap terlindungi dan ponsel pintar milik pribadi tidak mudah rusak.

Tips Memperpanjang Usia Smartphone dalam Kondisi Isi Ulang Daya Baterai

Untuk meminimalisir kerusakan HP saat sedang pengisian ulang daya baterai, maka ada beberapa tips yang bisa dicoba. Tips tersebut bertujuan untuk memperpanjang “usia” smartphone milik pribadi dari kerusakan saat mengisi ulang daya baterai.

Tips yang pertama, Anda disarankan untuk menggunakan kabel dan kepala charger original. Sebab, dua alat tersebut berfungsi untuk meredam suhu panas akibat over capacity daya saat proses pengisian ulang daya baterai.

Jadi, smartphone milik pribadi tidak cepat panas. Sebab, suhu panas yang dihasilkan oleh smartphone ini disebabkan karena menggunakan kabel dan kepala charger palsu. Tips yang kedua, segera cabut kabel charger dari smartphone jika daya telah menunjukkan 100%.

Ya, pengguna tidak disarankan untuk tetap mencolokkan kabel charger setelah daya baterai terlihat 100%. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada smartphone, terutama di bagian baterai.

Beberapa pengguna smartphone memang tidak mengetahui resiko atas kesalahan saat mengecas HP. Padahal, ada beberapa resiko kerusakan smartphone pribadi dalam posisi pengisian ulang daya baterai. Untuk itu, ketahui ragam kesalahan mengecas HP dan tips aman untuk mengisi ulang daya baterai.

tercatat, ada beberapa ragam kesalahan mengecas HP yang perlu Anda ketahui agar smartphone pribadi tidak mengalami kerusakan fatal. Jadi, pastikan Anda telah mengetahui aturan dalam mengecas HP milik pribadi. Tujuannya agar smartphone kesayangan Anda tidak mengalami kerusakan fatal.