Menikmati Endemi Covid-19 Dengan Berwisata Di Gunung Tidar, Jawa Tengah

gambar tersebut menyebutkan menikmati endemi covid-19 dengan berwisata di gunung tidar, jawa tengah gambar tersebut menyebutkan menikmati endemi covid-19 dengan berwisata di gunung tidar, jawa tengah

Menikmati Endemi Covid-19 Dengan Berwisata Di Gunung Tidar, Jawa Tengah

Pendahuluan

Gunung Tidar di Jawa Tengah, Indonesia, merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dikelilingi oleh hamparan sawah hijau dan dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan dan satwa liar, Gunung Tidar menawarkan pemandangan yang indah dan menyegarkan.

Dengan situasi pandemi COVID-19 yang lalu banyak orang merasa ragu untuk berwisata dan saat ini yang telah dinyatakan sebagai masa Endemi dari Covid-19 maka perlu untuk kita mulai menikmati keindahan alam kembali.

Wisata Gunung Tidar

Gunung Tidar, yang berada di Jawa Tengah, Indonesia, merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut, Gunung Tidar menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Gunung ini dikelilingi oleh hamparan sawah hijau dan dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan dan satwa liar.

Waktu Operasional : Senin Hingga Jumat Buka 24 Jam

Tiket : Retribusi Masuk Rp. 3.000,-

Gunung Tidar menawarkan berbagai potensi wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Salah satunya adalah pendakian ke puncak Gunung Tidar yang menyajikan pemandangan spektakuler dari ketinggian. Selain itu, Gunung Tidar juga menyediakan berbagai aktivitas outdoor lainnya seperti camping, bersepeda, atau berjalan-jalan di sekitar kawasan wisata.

Fasilitas yang tersedia di Gunung Tidar cukup memadai untuk kebutuhan pengunjung. Ada beberapa pos pendakian yang dilengkapi dengan toilet, tempat parkir, dan tempat makan. Beberapa penginapan juga tersedia di sekitar kawasan wisata untuk pengunjung yang ingin menginap di sekitar Gunung Tidar.

Wisata Ziarah Ke Makam

Gunung Tidar dikenal juga sebagai salah satu tempat yang menjadi favorit para pejalan wisata religi khususnya yang gemas berziarah ke makam para pendahulu. Di Lokasi ini terdapat tiga makam yang menjadi tujuan utama para peziarah. Berikut ini adalah informasi singkat dari ketiga makam yang berada di lokasi Wisata Gunung Tidar.

  • Makam Syekh Subakir: Terletak di puncak Gunung Tidar dengan area yang menyerupai lingkaran dari batu bata yang kerap dijadikan sebagai tempat duduk para peziarah saat membacakan doa.
  • Makam Kiai Sepanjang: Bagi yang belum mengetahui, Kiai Sepanjang bukanlah nama orang atau kyai pemuka agama, kiai sepanjang merupakan nama dari tombak milik Syekh Subakir yang berukuran sepanjang 7 meter. Area makam ini dibangun dengan bentuk yang menyerupai teras rumah lengkap/pendopo lengkap dengan atapnya.
  • Makam Mbah Semar: Makan ini berbentuk seperti nasi tumpeng berwarna kuning dengan keris di ujungnya.

Perlu untuk diketahui oleh para pengunjung yang ingin melakukan ziarah religi ke tiga makam tersebut di Gunung Tidar adalah bahwa peziarah wanita yang berhalangan tidak boleh memasuki wilayah makam dan seluruh peziarah diwajibkan untuk tenang dan teratur.

Gardu Pandang Taman Elang Jawa

Lokasi wisata yang satu ini masih berada didalam lokasi wisata Gunung Tidar, khusus untuk Gardu Pandang Taman Elang Jawa ini memiliki 1 keistimewaan yaitu merupa spot atau area yang sangat sesuai untuk menikmati keindahan dari terbitnya matahari.

Dari area ini pengunjung dapat melihat matahari yang terbit tepat di antara celah antara Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu dengan posisi pandangan yang sejajar sehingga mirip sekali dengan lukisan yang sering digambarkan oleh anak-anak TK dan SD pada zaman dulu.

Area Habitat Monyet

Seperti layaknya daerah pegunungan lainnya, hewan jenis monyet memang selalu saja menjadi daya tarik dan keunikan sendiri. Untuk kawasan yang memang diperuntukan untuk para wisatawan menyaksikan hewan cerdas yang satu ini adalah di daerah kaki Gunung Tidar, Lereng Gunung dan di wilayah Puncak Gunung Tidar.

Setidaknya terdapat sekitar 400 ekor monyet yang siap memeriahkan perjalanan wisata anda ke Gunung Tidar. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan banyaknya monyet berekor panjang yang hampir semuanya telah terbiasa dengan kehadiran manusia di lokasi tersebut.

Namun meskipun demikian, sebagai tindakan pencegahan seperti layaknya tempat lainnya. Pihak pengelola menghimbau agar wisatawan membungkus rapat makanan maupun minumannya dan tidak mengeluarkan dari wadah atau tempat nya selama berada di area tersebut.

Hal-hal unik kerap terjadi saat wisatawan berinteraksi dengan monyet-monyet tersebut, ketika sedang duduk atau bersalaman mereka tanpa rasa malu dan khawatir menyambut para wisatawan. Namun ketika pada wisatawan mulai mengeluarkan kamera untuk mengabadikan momen tersebut, hampir semua monyet akan segera bersikap malu-malu dan cenderung menghindari bidikan kamera.