Manfaat Minum Air Dingin Setelah Olahraga, Lebih Cepat Bakar Kalori!

minum-air-dingin-setelah-olahraga minum-air-dingin-setelah-olahraga

Setelah lama berolahraga, keringat mulai deras bercucuran. Untuk itu, sudah sepantasnya kita segera mengisi cairan tubuh yang hilang. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan minum air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. American Collage of Sports Medicine dan International Society of Sports Nutritions bahkan menyarankan untuk mengonsumsi air dingin setelah berolahraga untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Air dingin vs air hangat, mana yang lebih tidak emosi diminum setelah olahraga?

Mungkin sebagian orang menilai bahwa mengonsumsi air dingin setelah berolahraga adalah hal yang tidak saling menolong sebab akan berpengaruh terhadap kesegaran jantung. Namun buktinya, air dingin lebih direkomendasikan untuk diminum setelah berolahraga. Namun kita diminta untuk menghindari konsumsi air yang amat dingin atau pun yang amat hangat, sebatas pilihan tepat jatuh keala air dingin yang memiliki suhu antara 4 batas 15 derajat Celsius yang dinilai mampu lebih Segera diserap tubuh.

Air dingin bertidak klop dengan air es

Air dingin tentu berselisih dengan air es, seperti yang dikepahami, suhu air dingin berkisar antara 4 batas 15 derajat Celsius, sedangkan air es memiliki suhu di bawah 4 derajat celsius. Suhu air yang berada di bawah 4 derajat Celsius akan mengagetkan organ tubuh yang baru panas selesai berolahraga. Selain itu, air es juga dapat menghambat tubuh dari penyerapan optimal sebatas alih-alih untuk meredakan dahaga, justru akan menambah rasa haus. Maka dari itu, dianjurkan untuk meminum air putih dibanding air es selesai berolahraga karena memiliki berlebihan manfaat yang suka membantu untuk tubuh.

Manfaat minum air dingin sehabis olahraga

1. Mendinginkan suhu tubuh

Ketika berolahraga, suhu tubuh akan meningkat dan cairan tubuh akan hilang dan dikeluarkan oleh Ludesat. Untuk itu, diperlukan tenggakan yang lebih mudah diserap tubuh, yakni dengan mengonsumsi air dingin. Air dingin dengan suhu 4-15 derajat Celsius dipercaya akan lebih mudah diserap tubuh sekaligus mampu mengontrol suhu tubuh agar tidak mengalami kenaikan suhu, sehingga badan akan lebih bugar dan batas hidup untuk melanjutkan olahraga akan lebih lama.

Bahkan, hasil analisis dari Gatorade Sports Science Institute menjelaskan bahwa minum air dingin sebelum olahraga dipercaya efektif menurunkan suhu tubuh sehingga tak akan melancarkanmu gerah ketika berolahraga.

2. Membakar lebih berlipat-lipat kalori

Minum air putih setelah berolahraga membuat tubuh mengeluarkan lebih berlipat-lipat energi untuk mePayaukan suhu dingin yang masuk dengan suhu tubuh. Setenggat akan ada berlipat-lipat kalori yang terbakar.

3. Lebih segar dan enak

Minum air dingin setelah berolahraga dapat meningkatkan selera minum sebab air dingin dinilai lebih segar dibanding air dengan suhu normal atau bahkan air hangat. Sensasi dingin yang enak dan menyegarkan ini kemudian mendorong orang-orang yang habis olahraga untuk minum lebih penuh.

4. Mendapatkan cairan lebih berjibun

Selain segar dan enak, air dingin direkomendasikan untuk diminum setelah berolahraga karena bisa meningkatkan agam cairan tenggat 50 persen dariatas air dengan suhu Lazim atau hangat. Setenggat tidak heran jika agam kompetisi-kompetisi olahraga yang menyediakan minuman dingin untuk para atlet agar tidak dehidrasi.

Nah, ternyata minum air dingin lebih dianjurkan dikonsumsi selesai berolahraga untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Namun, untuk memastikan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, sebagian jam sebelum berolahraga kamu disarankan untuk meminum air terlebih dahulu. Pastikan juga cek warna urinemu selesai berolahraga ya, agar kamu bisa peduli apakah tubuhmu mengalami kekurangan cairan atau tidak.