Ketahui Khasiat Dalam Daun Kersen Atau Ceri

khasiat daun kersen atau ceri khasiat daun kersen atau ceri

Jika Anda saat ini sedang mencari obat alternatif lain untuk mengobati penyakit yang sedang diderita, daun kersen atau ceri pasti sudah tidak asing lagi. Masih belum banyak yang mengetahui jika khasiat daun kersen sudah diteliti secara global dan menjadi obat nabati yang direkomendasikan. Berdasarkan penelitian, daun ini mangandung antioksidan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati atau mengurangi resiko terkena penyakit tertentu.

Berikut adalah beberapa manfaat daun kersen yang mungkin bisa mengobati penyakit Anda salah satunya.

 

  1. Mengatasi asam urat

Kandungan senyawa flavanoid pada daun kersen atau ceri dipercaya mampu mengobati penyakit asam urat. Senyawa ini mampu mengurangi kadar asam urat melalui enzim xantin oksidase yang dengan cara dihambat perkembangannya. Di dalam daun ini juga terdapat sifat anti peradangan sehingga bisa mengurangi nyeri yang Anda rasakan. Cara untuk mendapatkan manfaat dari daun ini adalah dengan mengonsumsi ekstrak daunnya.

 

  1. Mengobati batuk

Selain bisa mengurangi rasa nyeri, sifat anti peradangan yang dimiliki oleh daun in juga bisa dimanfaatkan untuk menenangkan batuk. Batuk memang salah satu penyakit ringan, namun akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. tenggorokan yang mengalami batuk biasanaya akan terasa gatal, sakit dan tidak merasa nikmat untuk menelan sesuatu. Jika Anda sedang menderita penyakit ini, cobalah untuk mengonsumsi ekstrak daun kersen untuk mengatasi radang tenggorokan yang Anda derita.

 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun kersen yang mengandung antioksidan alami dan vitamin, rupanya juga mampu menjaga daya tahan tubuh agar mampu menghadapi serangan virus, bakteri maupun kuman. Konsumsilah ekstrak daun kersen ini dengan rutin, namun agar bisa maksimal imbangi juga dengan berolahraga dan juga menjaga pola makan yang sehat.

 

  1. Atasi masalah pencernaan

Sifat anti bakterial yang terdapat dalam daun kersen rupanya juga mampu mengatasi masalah pencernaan. Dengan mengonsumsi ekstraknya, maka Anda sudah bisa terhindar dari bakteri yang menyerang pencernaan seperti, E. Coli, S. Aureus, P. Aeruginosa dan B. Subtilis yang biasanya akan menyebabkan otitis internal, diare dan juga keracunan makanan.

 

  1. Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang bisa dikatakan mematikan. Meski sudah ada obat kimianya, namun kesembuhan yang didapatkan terkadang mengecewakan. Banyak orang menganggap, jika seseorang yang sudah menderita penyakit ini harapan untuk hidupnya sangatlah kecil. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi ekstrak daun kersen untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan senyawa dalam daun kersen yaitu saponin, flavonoid dan tanin bisa berperan sebagi antioksidan yang cukup ampuh dalam menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab penyakit kanker.

 

  1. Menjaga kesehatan jantung dan mengontrol gula darah

Konsumsi daun kersen secara teratur juga bisa mengontrol gula darah dalam tubuh. Selain  itu juga bisa dimanfaatkan untuk menstabilkan tekanan darah. Manfaat ini bisa didapat karena daun kersen mengandung flavonoid dan saponin. Cara mendapatkan manfaat daun kersen ini adalah dengan merebus daunnya dan dikonsumsi secara teratur.

 

  1. Mengobati darah tinggi

Darah tinggi atau hipertensi juga bisa diobati dengan daun kersen ini. Cara mendapatkan khasiat untuk mengobati penyakit ini adalah dengan cara menjemur daun kersen sampai kering, selanjutnya seduh daun kersen yang sudah kering secukupnya dengan air panas satu gelas. Tunggu hingga air berubah warna seperti warna teh. Ramuan minuman herbal ini bisa dikonsumsi dua kali dalam sehari.

Dibalik khasiatnya yang luar biasanya, nyatanya masih ada efek samping yang memang tidak boleh dikesampingkan. Jika cara pengonsumsiannya tidak tepat dan jutsru berlebihan, ini akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Ini terjadi karena daun kersen ini mengandung mineral Aluminium yang bisa mengakibatkan masalah pada fungsi mitokondria. Selain itu, kadar mineral boron jika dikonsumsi dalam jumlah yang sudah tidak wajar juga akan menyebabkan abnormalitas reproduksi.

Metode tradisional memang memaksimalkan daun kersen sebagai obat ataupun mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh. Cara yang umum dilakukan untuk mendapatkan khasiat dari daun ini adalah dengan cara menyeduh layaknya membuat teh herbal. Namun perlu diingat, pemanfaatan yang berlebihan dan tidak teratur bisa menyebabkan kesehatan Anda terganggu. Jadi, sebelum mengonsumsi daun ini tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan ahli atau dokter.