Ini Dia 5 Penyebab Ac Mobil Bau Asam, Anda Wajib Tahu!

gambar tersebut menyebutkan tentang penyebab ac mobil bau asam gambar tersebut menyebutkan tentang penyebab ac mobil bau asam

Ini Dia 5 Penyebab Ac Mobil Bau Asam, Anda Wajib Tahu!

Salah satu penyebab mobil bau tidak sedap ini disebabkan karena ac mobil bau asam. Bau asam tersebut dapat membuat Anda mual atau muntah. Ya, mengendarai mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap ini tentu saja dapat mengganggu konsentrasi kala berkendara. Untuk itu, Anda perlu mengetahui hal apa sajakah yang dapat menyebabkan mobil bau tidak sedap ini.

Penyebab AC Mobil Baiu Asam

Tak nyaman memang pada saat berkendara ini tercium bau tidak sedap, terutama bau asam di dalam mobil. Bau tersebut tentu saja dapat menyebabkan Anda mual atau bahkan muntah. Sehingga, hal inilah yang menyebabkan Anda tidak konsentrasi dan dapat menyebabkan Anda celaka di jalan raya.

Umumnya, bau asam tersebut dikarenakan adanya masalah pada bagian AC mobil. Untuk itu, kenali 5 penyebab mengapa AC mobil milik Anda mengeluarkan bau asam. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pengharum Mobil yang Telah Kadaluarsa

Penyebab Ac mobil mengeluarkan bau asam ini dikarenakan pemilik mobil tidak mengganti pengharum yang telah kadaluarsa. Ya, pengharum mobil ini memang berfungsi untuk memberikan wewangian di dalam kabin.

Namun, Anda wajib mengganti pengharum mobil yang telah kadaluarsa. Sebab, pengharum mobil ini terbuat dari bahan-bahan kimia dan juga alkohol. Apabila pengharum tersebut digunakan hingga melewati batas kadaluarsa.

Maka, pengharum mobil akan mengalami penguapan hingga mengeluarkan bau asam yang tidak sedap di dalam kabin mobil Anda. Oleh sebab itu, segera ganti pengharum mobil Anda yang telah melewati masa kadaluarsa.

  1. Banyaknya Debu di Dalam Kabin Mobil

Apabila kabin mobil ini dipenuhi banyak debu. Maka, Anda wajib membersihkan debu-debu di dalam kabin mobil. Sebab, debu-debu tersebut dapat menyebabkan Ac mobil bau asam. Selain dapat menyebabkan timbulnya bau asam di dalam kabin mobil. Debu-debu tersebut juga dapat menyebabkan Anda mengalami gangguan kesehatan.

  1. Kabin Mobil Dalam Keadaan Kotor

Bisa saja kabin mobil yang penuh sampah kotoran ini menjadi salah satu penyebab ac mobil ini mengeluarkan bau tidak sedap, terutama bau asam. Sebab, sampah dan kotoran cepat membusuk karena terkena berada di suhu dingin.

Selain itu, bau busuk dari sisa sampah dan kotoran ini tidak dapat keluar karena tidak ada ventilasi di dalam kabin mobil. Alhasil, bau asam tersebut dapat membuat Anda mual hingga muntah ketika tengah mengendarai mobil.

  1. Merokok di Dalam Mobil

Bagi Anda yang kerap merokok di dalam mobil dalam keadaan AC dinyalakan. Maka, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan AC mobil Anda mengeluarkan bau asam. Munculnya bau asam ini disebabkan oleh masuknya asap rokok ke dalam ventilator AC mobil.

Ya, asap rokok inilah yang dapat menyumbat filter AC mobil. Sehingga bau asam akan muncul ketika AC mobil dinyalakan. Maka dari itu, kurangi kebiasaan merokok di dalam mobil dalam keadaan AC dinyalakan.

  1. AC Mobil Rusak

Dan penyebab terakhir dari masalah AC mobil bau asam ini dikarenakan adanya kerusakan pada bagian AC mobil, terutama pada bagian evaporator. Evaporator merupakan sebuah sistem pada AC mobil yang berguna untuk menurunkan suhu kabin mobil.

 Apabila evaporator ini mengalami kerusakan, maka dapat menyebabkan munculnya bau asam dari bagian ventilator AC. Apabila bagian evaporator AC mobil ini mengalami kerusakan. Maka, Anda dapat langsuns saja menuju ke bengkel terdekat untuk memperbaiki masalah tersebut.

AC Mobil bau asam dan tidak sedap ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari ruang kabin mobil yang kotor atau berdebu hingga sistem pengaturan suhu (evaporator) AC mobil yang mengalami kerusakan. Apabila bau asam di dalam kabin tidak kunjung hilang. Maka ada baiknya untuk memeriksakan mobil Anda ke bengkel terdekat.