Intip Fakta Menarik Tentang Kucing

fakta_menari_kucing fakta_menari_kucing

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati banyak orang. Ini karena kucing adalah hewan berbulu yang memiliki wajah yang sangat menggemaskan dan tidak buas. Selain bentuk wajahnya yang lucu, tingkah kucing juga kerap kali membuat gemas pemiliknya. Tidak heran jika kucing adalah hewan yang paling banyak dipelihara dalam rumah di seluruh dunia.

Beberapa orang juga meyakini jika kucing bisa meredakan tingkat stres atau ketegangan pikiran seseorang dari kesibukan sehari-hari. Kucing yang mendapat reputasi sebagai hewan paling suka bermalas-malasan dan gemar rebahan ini ternyata juga memiliki fakta unik, lho. berikut beberapa fakta unik kucing yang dirangkum untuk anda.

 

  1. Tidak mengenal rasa manis

Fakta unik kucing yang pertama adalah, kucing ternyata tidak bisa mengecap rasa manis. Meskipun semua mamalia mempunyai gen untuk merasakan manis, namun nyatanya hal ini tidak terjadi pada kucing. Hewan mamalia biasanya punya reseptor pada ujung sel perasa untuk bisa merasakan manis, namun pada sel perasa ini tidak bisa berfungsi dengan baik pada lidah kucing.

 

  1. Menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur

Kucing memang dikenal hewan yang paling malas dan lebih suka menghabiskan waktu untuk tidur. Itulah mengapa kita lebih sering melihat kucing tertidur dari pada melihatnya beraktivitas. Setidaknya kucing akan mengahbiskan 15-20 jam dalam sehari untuk tidur untuk membentuk energi. Kucing memang membutuhkan lebih banyak energi saat berburu mangsa.

 

  1. Berlari sangat cepat

Saat keadaan kucing merasa terancam, kucing sekalipun kucing rumahan mampu berlari dengan sangat cepat. Kecepatan berlari kucing sudah tidak diragukan lagi, terlebih saat menangkap mangsa atau padaa saat menhindari musuh atau lari dari marabahaya. Diyakini, kecepatan berlari kucing bisa mencapai 330 mph atau setara dengan kecepatan motor dalam kecepatan sedang.

 

  1. Bisa merasakan emosi dari manusia

Pernahkah anda didatangi seekor kucing pada saat merasa sedih. Percaya atau tidak, kucing bisa merasakan emosi yang durasakan manusia terlebih pada pemiliknya. Kucing bisa merasakan emosi sedih, marah ataupun senang dari manusia. Mungkin anda pernah mendengar kisah mengharukan hubungan antata kucing dan manusa. Ini terjadi karena kebiasaan kucing  yang cenderung akan mendekati seseorang yang sedang dalam perasaan sedih. Bahkan kucing peliharaan akan sering berperilaku seperti boduguard untuk melindungi pemiliknya.

 

  1. Punya kemampuan night vision

Fakta unik kucing selanjutnya adalah mata kucing bisa melihat dengan jelas dalam kondisi gelap. Ini terjadi karena mata kucing memiliki penglihatan yang spesial yaitu night vision. Kucing memang memiliki organ pendukung agar dapat melihat jelas kegelapan benama tapetum lucidum. Ini memungkinkan mata kucing mampu memantulkan cahaya yang bisa membantunya supaya bisa melihat meski cahaya yang didapat sangat kurang.

 

  1. Kumis kucing sebagai navigasi

Selain night vision kucing biasanya mengandalkan kumis sebagai sistem navigasi saat berada di kegelapan. Kucing justru memiliki penglihatan yang sangat buruk pada siang hari, maka kumis inilah yang sangat berperan dalam beraktivitas kucing. Kumis kucing bisa mengukur gerakan maupun jarak pada siang hari, karena perannya inilah menjadikan alasan kenapa kumis kucing tidak boleh dipotong.

 

  1. Kucing juga berkeringat

Saat berada di cuaca yang panas, manusia cenderung akan mengeluarkan keringat dalam tubuhnya. Nah, apakah kucing juga mengalami hal yang sama? Jawabannya adalah, iya. Nayatanya kucing juga bisa berkeringat, lho. Keringat pada kucing biasanya muncul pada bagian bantalan kakinya. Cobalah untuk mengamati cakar pada kucing pada saat suhu sedang panas, tentu telapak kaki kucing dan cakarnya akan basah karena mengeluarkan keringat.

 

  1. Menjilat tubuh untuk membersihkan kotoran

Tentu anda sangat sering melihat kucing menjilati tubuhnya. Aktivitas ini mereka lakukan agar tubuhnya terhindar dari kotoran dan juga parasit yang menempel pada tubuh kucing. Selain itu, dengan menjilati tubuhnya, kucing juga bisa menghilangkan sel kulit mati. Kecerdasan kucing dalam membersihkan tubuh dengan cara menjilati tubuhnya ini sudah diturunkan turun temurun melalui proses evolusi. Pengetahuan kucing tentang manfaat lidah yang dimilikinya ini bahkan sudah tertanam secara genetik.